Sabtu, 31 Oktober 2009

BERBAGAI KECERDASAN ITU KITA MILIKI

”Karena aku tidak mampu dalam ilmu itu, maka aku memilih jurusan ini”, begitulah kata seorang sobat ketika ditanya tentang pemilihan jurusan ketika duduk dibangku SMA, walau berbeda dengan harapan ortunya.


Sedangkan seorang kerabat mengeluh, ternyata jurusan pada Fakultas yang diikutinya kurang cocok karena ada mata kuliah yang tidak dia sukai. Pernyataan yang demikian akan mengganggu pencapaian prestasinya.

Marilah kita pahami bahwa ukuran kecerdasan itu tidak hanya IQ. Berdasarkan teori multiple intelegence tulisan kawan kita DR Howard Gardner; dari Harvard University, “Terdapat 8 jenis kecerdasan”, yang telah ada sejak bayi dilahirkan.

Untuk diketahui definisi kecerdasan adalah : Kemampuan berfikir, bertindak, berperilaku sesuai yang dihadapi, hingga dia mampu menyesuaikan diri dengan pengaruh lingkungan dan bisa menghasilkan sesuatu yang bisa dinikmati dalam kehidupan manusia.

Marilah kita simak dulu kedelapan jenis kecerdasan tersebut :

Bahasa adalah kemampuan menggunakan system berkomunikasi, mendengar, bercakap, menulis untuk : Memberi informasi, mengungkap pendapat dan argumen dalam meyakinkan orang lain.

Logis matematis bertalian dengan kemampuan mengolah sesuatu yang bersifat matematis dan ilmiah yaitu kepekaan untuk membedakan, menghafal, mengoperasikan angka dan menangani rangkaian nalar / logika.

Kinestik / jasmani, merupakan kecerdasan tubuh dalam menyatakan perasaan, mengembangkan ide, menyelesaikan masalah, kemampuan koordinasi, fleksibiltas, kepantasan dan keseimbangan.

Musikal adalah kecerdasan mengolah sesuatu yang bertalian dengan irama, nada dan suara yang bersumber dari alam.

Inter personal yaitu kemampuan memahami suasana, maksud dan motivasi, perasaan dan cara berfikir seseorang dan mampu menjalin hubungan dengan orang lain.

Intra personal yaitu kecerdasan menganalisis, memahami diri sendiri dan bertindak atas pemahaman tersebut. Diharapkan dia mampu mengenali potensi dan kelemahan dirinya.

Natural adalah kemampuan mengenal, mengingat, menganalisis pengetahuan lingkungan alam misal : Tumbuhan, dunia binatang, fenomena alam : terjadinya awan, hujan, pelangi atau gempa, tata surya, planet, matahari, bintang, bulan, lautan dan isinya.

Spasial, bertalian dengan penglihatan bidang dan ruang, sedemikian sehingga cucu kita mampu membayangkan suatu bentuk nyata dan kemudian memecahkan masalah yang bertalian. Beberapa contoh : Permainan mencari jejak; menggunakan peta; melihat obyek dari beberapa sudut. Hal ini tentu saja harus dapat kita lakukan dengan baik.

Pada dasarnya kedelapan kecerdasan itu harus diperkenalkan dan dilatih ketika kita masih kecil oleh para ortu. Sehingga kecintaan seseorang kepada salah satu jenis kecerdasan telah melalui pengenalan mereka atau kebiasaan yang difasilitasi ortu. Berlanjut memilih yang diminati

Tidak setiap orang mampu dan menguasai seluruh jenis kecerdasan tersebut, karena pada akhirnya mereka cukup memilih sebagian dari kecerdasan itu yang harus dipelajari, melatih diri dengan fokus pada bidang yang disukainya.

Kurang tepat kalau seseorang merasa keliru memilih suatu jurusan dalam kuliah atau penempatan kerjanya. Karena dia harus mencoba dan berlatih (walau mungkin lamban hasilnya karena umur) agar potensi terpendam dalam dirinya muncul, sehingga dapat berprestasi pada kondisi dan posisi yang dihadapinya. FatchurR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar