Rabu, 28 Oktober 2009

JIKA TIDAK INGIN MENDERITA

Pernahkan anda menyadari bahwa emosi dan perasaan selalu tersembunyi, tertekan dan bisa berakhir menjadi penyakit : Lambung, luka dalam, sakit pinggang dan punggung. Suatu tekanan pada perasaan akan berubah menjadi penyakit misalnya kanker ?



Sekarang mulailah berusaha untuk saling mempercayai, berbagi tentang keakraban, ”rahasia” dan kesalahan kita. Silaturahim dengan dialog, curhat, dan penyampaian uneg-uneg (kata hati), adalah obat yang ampuh dan terapi yang paling mujarab.

Disamping itu orang yang tidak bisa menetapkan keputusan akan menjadi peragu, gelisah, dan kurus. Keputusan yang tidak pernah dibuat, akan mengumpul (terakumulasi) menjadi masalah, kecemasan dan sikap agresif.

Membuat keputusan berarti telah mengetahui cara meninggalkan, tahu mungkin kehilangan kesempatan, tahu nilai nilai menghargai orang lain. Yang tidak bisa membuat keputusan akan menjadi korban berpenyakit seperti telah disebutkan sebelumnya.

Yang berpikir negatif tak akan menemukan solusi dan berpeluang memperbesar masalah, cenderung selalu meratap, bergosip dan pesimis. Lebih baik kita melakukan kegiatan yang bermanfaat dari pada saling mencerca dalam kegelapan. Berpikir negatif akan menghasilkan energi negatif yang bisa berubah menjadi penyakit.

Perhatikan juga, mereka yang lari dari kenyataan, kepura-puraan , dan selalu menunjukkan tidak punya adalah perilaku yang salah. Mereka yang selalu ingin dilihat sempurna , main serba, memudahkan segalanya, akan terakumulasi menjadi beban yang berat dikemudian hari.

Tidak ada yang buruk bagi kesehatan selain hidup apa adanya dan saling berdampingan. Janganlah menjadi orang yang penuh berlapis “ kosmetik kehidupan “ dan akar kehidupan yang rentan. Tujuan akhir orang seperti ini cuma di rumah sakit dengan segala penderitaannya.

Penolakan dan hilangnya harga diri akan membuat kita mengasingkan diri sendiri. Menjadi satu dengan bagian diri sendiri adalah komponen hidup yang sehat. Mereka yang tidak dapat menerima hal ini akan menjadi dengki, iri hati, suka kepalsuan, berkompetisi tidak sehat, dan cenderung merusak.

Terbukalah, untuk menerima, terbuka terhadap semua saran dan kritik. Ini jauh lebih bijak dan suatu hal suatu hal yang baik. Selanjutnya percayalah. Siapapun yang tidak percaya, akan sulit berkomunikasi

Jika tidak terbuka, tidak akan bisa berhubungan, tidak dapat membina dan menjaga keharmonisan, tidak akan mengerti persahabatan yang sejati. Tanpa rasa percaya diri, tidak akan ada persahabatan. Ketidak percayaan adalah kurangnya keimanan pada anda dan pada agama itu sendiri.

Kenapa harus bermurung diri ? Berhumorlah yang sehat. Tertawalah, santailah. Inilah metode ”Sehat” yang membuat umur lebih panjang. Mereka yang selalu gembira memiliki sesuatu yang dapat memperbaiki lingkungan dimanapun mereka tinggal.

Humor yang sehat menyelamatkan kita dari pertolongan dokter. Kegembiraan adalah suatu terapi yang menyehatkan. FatchurR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar